Pengertian & tugas
bisnis
Bisnis berasal
dari bahasa inggris yaitu business dari kata dasar busy yang berarti sibuk
dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat yang berarti suatu
organisasi yang menjual barang dan jasa/mengerjakan aktivitas dan pekerjaan
yang mendatangkan keuntungan atau laba.
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas
dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari
Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990]
Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990]
Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang
atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert]
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah
kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang
menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of
good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan
melalui transaksi
Aspek-aspek bisnis
:
- Kegiatan individu dan kelompok
- Penciptaan nilai
- Penciptaan barang dan jasa
- Keuntungan melalui transaksi
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi
1.
Fungsi
Mikro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
1.
Pekerja / Karyawan
Pekerja
menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan
kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba
2.
Dewan Komisaris
Memantau
kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai
tujuan
3.
Pemegang Saham
Pemegang
saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan
2.
Fungsi
Makro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak
langsung
1.
Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan
kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
2.
Bangsa dan Negara
Tanggung
jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar
pajak
3. Elemen dan Sistem
Bisnis
1. Modal (capital)
Sejumlah
uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
2.
Bahan-bahan (materials)
Merupakan faktor produksi yang
diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang
dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
3. Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Sumber Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi
SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
4. Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan
tata kerja manajemen
Karakteristik Sistem Bisnis
Karakteristik Sistem Bisnis
- Kompleksitas & keanekaragaman
- Saling ketergantungan
- Perubahan dan inovasi
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis
Bidang Teknologi Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia yang
tengah dilanda krisis ekonomi. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era
globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik
bisnisnya. Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan
terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses
penciptaan produk dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih
cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.
Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam
dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Penerapan
Teknologi Informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai berikut :
1. Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi landasan dari berbagai
aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain sistem operasi, basis
data, network management dan lain-lain.
2. Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.
2. Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility) yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem akuntansi & keuangan dan lain-lain.
3. Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik
perusahaan terutama yang berkaitan dengan proses penciptaan produk/jasa yang
ditawarkan.
Pemanfaatan Teknologi Informasi yang dilakukan dalam menunjang kegiatan
operasional perusahaan meliputi bidang-bidang sistem informasi akuntansi dan
keuangan, sistem informasi properti, sistem informasi forwarding, sistem
informasi pergudangan, sistem informasi sdm, sistem informasi poliklini,
aplikasi audit internal (pengawasan spi), sistem persediaan atk/cetakan, sistem
inventarisasi peralatan kantor, sistem electronic data interchange (edi) untuk
pengiriman dokumen, website dan intranet, dan sebagainya.
Salah satu yang paling menonjol perubahan yang terjadi dalam lingkungan
bisnis adalah pengenalan e-commerce.E-commerce menyediakan kesempatan bagi
organisasi menakjubkan untuk memperluas seluruh dunia pada biaya
kecil.E-commerce adalah hanya didefinisikan sebagai pembelian, penjualan, dan
bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama
internet. Manfaat dan dampak e-commerce telah membawa tidak hanya untuk
organisasi, tetapi pelanggan dan masyarakat.Hari ini perusahaan kecil sekarang
memiliki kesempatan untuk bersaing dengan perusahaan besar, konsumen toko dari
rumah atau lokasi manapun 24 jam sehari, dan individu bekerja di rumah, di mana
membantu perekonomian dengan sedikit lalu lintas.Online advertising telah
meningkatkan keuntungan banyak organisasi secara besar-besaran dengan
memungkinkan perusahaan untuk mencapai jumlah konsumen yang luas dengan harga
lebih murah.
Teknologi Informasi tidak hanya membawa manfaat dalam organisasi,tetapi
kepuasan pelanggan juga meningkat dengan pelaksanaan Internet.Hari ini,
pelanggan lebih berpengetahuan tentang kualitas dan ketersediaan produk yang
ada di pasar yang bersaing.Melalui penggunaan internet dan perdagangan
elektronik,konsumen dapat menemukan ribuan produk dan mencari kualitas terbaik dan
harga.Banyak perusahaan juga memiliki on-line membantu, misalnya, jika Anda
ingin membeli sebuah televisi on line dan membutuhkan pertanyaan yang diajukan,
Anda bisa cukup klik pada “on-line membantu” icon dan seseorang akan segera
membantu Anda.Sebelum IT dilaksanakan, mengambil persediaan dan penjadwalan
untuk bahan-bahan untuk datang mengambil banyak pengambilan keputusan dan
perencanaan.Sebuah perusahaan tidak ingin memiliki kelebihan dari bahan baku
ware-rumah mereka, atau tidak cukup bahan. waktu pendekatan persediaan membantu
masalah itu dengan menjadwalkan bahan-bahan untuk tiba di gudang kapan tepatnya
diperlukan.
0 komentar:
Catat Ulasan